Bitcoin si Koin Super

Bitcoin
Bitcoin itu apa sih? Koin receh? Bagi kalian yang ingin tahu lebih lanjut apa itu "bitcoin"  kali ini GamezPop akan membahasnya. Mungkin baru-baru kali ini sedang naik daun, banyak orang yang berbondong-bondong untuk mendapatkan bitcoin. Hal ini disebabkan nilai tukar bitcoin sudah tembus 252 juta per keping (sumber vip.bitcoin.co.id) dengan nilai yang mengiurkan ini kalian ingin mendapatkannya bukan?


Apa sih itu Bitcoin

Bitcoin pertama kali dikenalkan oleh Satoshi Nakamoto pada 3 Januari 2009. Mata uang digital (Cryptocurrency) bersifat desentralisasi sehingga tidak ada satu orang pun yang mengatur nilai dari koin ini termasuk penciptanya. Tidak seperti dengan uang pada umumnya yang dapat diatur oleh pemerintah. Menariknya lagi, nilai bitcoin selalu mengalami kenaikan harga per kepingnya karena jumlah bitcoin yang terbatas dan ditambah sudah banyak orang yang menggunakannya. Jika kaliang ingin mengetahui jumlah bitcoin yang sudah didapatkan (sudah di-minning) bisa check BlockChain. Terus untuk menyimpang bitcoin bagaimana? Mata uang virtual ini dapat disimpan melalui sebuah wallet (dompet), sudah banyak web yang menyediakan wallet seperti;



Cara mendapatkan Bitcoin

Bagi kalian yang tertarik pada bitcoin, ada beberapa cara untuk mendapatkannya:
  1. Beli dengan Uang (IDR)
Mungkin cara ini yang mudah untuk mendapatkan bitcoin walau harus mengorbankan uang jajan kalian tapi disisi itu jika kalian benar-benar ingin ber-deposito dengan bitcoin, cara ini bisa dicoba. Ketika saat nilai bitcoin turun/rendah baru kalian beli ketika nilainya naik tajam barulah kalian jual tapi perhitungkan baik-baik ya, agar tidak salah dalam ber-spekulasi. Saat ini web yang menjual bitcoin dengan IDR (menurut pengalaman) yaitu vip.bitcoin.co.id. Enaknya saat kalian ingin membeli bitcoin di web ini kalian bisa bayar lewat alfamaret, terbilang cukup mudah untuk mendapatkan bitcoin. Nanti ketika sudah bayar, saldo kalian akan masuk ke wallet (dalam rupiah) dan jika ingin membeli bitcoin nanti tinggal klik saja mau beli berapa.

Selain beli, di web ini kalian bisa menukar bitcoin yang kalian miliki dengan rupiah. Rupiah ini bisa dicairkan lewat bank.
Namun sebelum melakukan hal itu kalian diminta untuk men-verifikasikan data diri anda dengan mengirimkan scanner-an KTP dan foto wajah kalian yang sedang memegang kertas bertulis "Verifikasi Akun vip.bitcoin.co.id" Emang cukup ribet sih, tapi dari pengalaman sendiri, lebih cocok dengan web ini karena kalian mudah untuk mendapatkan bitcoin dan sudah banyak orang yang menggunakan web tersebut (terjamin ke-amanannya.)

         2. Mining
             
Beberapa dari kalian pasti tahu itu minning, kegiatan ini menggunakan komputer untuk mengkomoutasi sebuah masalah matematik yang begitu rumit sehingga membutuhkan hardware khusus atau kartu grafis. Kegiatan ini sangat memboroskan tagihan listrik karena saat melakukan minning, komputer membutuhkan daya yang cukup besar. Ada beberapa software free yang berguna untuk melakukan minning yaitu:

MinerGate

Aplikasi ini (kalian harus mendaftar dahulu) ini sendiri tidak langsung minning bitcoin tapi kalau kalian inign minning bitcoin secara langsung bisa mengunakan fitur cloud minning yang berbayar. Namun jika kalian tidak ingin menghabiskan uang kalian, bisa coba minning koin lain seperti Litecoin, Ethereum, Monero dan lain-lain. Setelah mendapatkan koin-koin tersebut barulah kalian tukar menjadi bitcoin. Proses penukarannya bisa melalui web HitBTC atau Changelly. Kemudian hasil tukar bitcoinnya bisa kalian transfer ke wallet.

Nicehash

Berbeda dengan MinerGate, software ini langsung menambang bitcoin dan kalian tidak perlu mendaftar cukup dengan men-download aplikasinya maka langsung bisa menambang. Akan tetapi software ini sedang ditutup karena beberapa bitcoin dari web ini dicuri oleh hacker sehingga web ini ditutup sementara untuk perbaikan teknis.


Pengen minning tapi hardware apa yang cocok?

Mungkin kalian bisa pakai kartu grafis NVIDIA atau AMD, saya sarankan jangan pernah menambang dengan processor (CPU) karena sangat lama untuk mendapatkan bitcoin dan terlebih lagi bisa merusak komponen itu sendiri. Sebaiknya gunakan kartu grafis (GPU)


Penggunaakn komputer gaming seperti Asus ROG, MSI, Lenovo Legion, dan Acer Predator mungkin membantu kalian dalam melakukan minning karena kalian tahu sendirikan komputer gaming pasti motherboardnya sudah support dengan kartu grafis terbaru. Kalian bisa minning juga dilaptop tapi menurut pengalaman sendiri, hal itu agak memakan waktu dan memboroskan listrik juga baterai yang cepat bocor/rusak.

Jika kalian benar-benar mendedikasikan hidup kalian buat minning, kalian bisa mencoba pakai ASIC Miner. Application Specific Integrated Circuit (ASIC) adalah IC yang khusus untuk melakukan minning bitcoin namun barang ini memiliki harga yang cukup tinggi sekotar 80 juta-an. Tapi dibalik harganya itu, alat ini memiliki kecepatan yang tinggi dalam menambang bitcoin jika dibandingkan dengan kartu grafis dan kalian bisa balik modal dengan cepat tentunya.

Ant Miner S9

Sistematis pengiriman bitcoin bagaimana?

Karena kalian menyimpan bitcoin melalui wallet maka untuk mengirimkannya kalian butuh address wallet si penerima. Address atau sejenis nomer rekening ini merupakan sarana untuk mentransfer bitcoin. Akan tetapi, saat kalian mengirimkan bitcoin ke seseorang, transaksi kalian harus di validasi terlebih dahulu oleh miner di seluruh dunia (kalian bisa check apakah transaksinya sudah berhasil atau belum lewat Transaction ID yang akan menghubungkan kalian langsung dengan Blockchain)

             
Dengan ID ini kalian bisa melihat berbagai macam transaksi. Jika kalian ingin melihat transaksi kalian cukup dengan meng-klik address wallet kalian. Biasanya kalau transaksi kalaian belum berhasil akan ada tanda berwarna merah.


Sudah ada bitcoin, lalu diapakan?

Mungkin di Indonesia sendiri belum ada transaksi yang menggunakan bitcoin, mengingat Bank Indonesia sendiri melarang transaksi dengan bitcoin. Hal ini disebabkan oleh ke-anymous-annya, kalian tidak bisa mencheck siapa pengirim yang mengirimkan bitcoin ke kalian begitu pula sebaliknya, pengirim tidak tahu kepada siapa yang ia kirim. Jadi sejauh ini, mungkin kalian bisa menabungnya untuk masa depan, tidak rugi-rugi amat kalau kalian menabung bitcoin siapa tahu di- tahun depan harga bitcoin semakin melonjak. Satu tips lainnya, karena penggunaan bitcoin tidak ada yang mengatur jadi seluruh masalah yang di-alami ditanggung sendiri oleh pengguna bitcoin. Kesimpulannya berhati-hati saja...

Akhir Kata

Mulai tertarik dengan bitcoin? Kalian bisa mencoba cara-cara yang sudah disebutkan. Memang harga bitcoin yang begitu mengirukan namun jangan terlalu over kecuali kalian ingin membuat minning farm (rumah yang isinya ant minner semua.) Mungkin sekian dulu dari GamezPop, jangan lupa share dan koment, seluruh kritik dan saran akan membangun blog ini.


EmoticonEmoticon