[Ardutor #2] Input and Output Arduino

[Ardutor #2] I/O Arduino

Dipertemuan sebelumnya kita sudah mengetahui bagaimana cara mengkontrol lampu LED. Nah, kali ini kita akan belajar input output pada arduino. Apa sih input? output? Di pertemuan sebelumnya kita sudah disinggung soal output jadi kali ini lebih mengarah ke Input. Sebelum memulai tutorial ini siapkan arduino kalian.


Bahan yang kalian perlukan :
  1. Arduino UNO
  2. Kabel USB (Arduino ke Komputer)
  3. LED (1 buah)
  4. Resistor (10k ohm dan 330 ohm)
  5. Push button (1 buah)
  6. Breadboard
  7. Kabel jumper
Push button ini yang akan menjadi alat untuk belajar apa itu input. Kalian bisa membelinya di toko elektronik, push button ini sejenes saklar namun memiliki 4 kaki. Setelah sudah komplit barang-barang kalian, susunlah seperti gambar dibawah ini

Jika sudah, akan seperti gambar berikut (tidak sama persis tidak apa-apa yang penting jalurnya terhubung seperti gambar di atas)


Kemudian buka program Arduino IDE kalian, dan copy-paste kan kode dibawah ini
int buttonPin= 2; //button pada pin 2
int ledR= 12; // led pada pin 12
int buttonState;

void setup()
{
pinMode(ledR, OUTPUT); // pin led sebagai Output
pinMode(buttonPin,INPUT); // pin button sebagai Input
}

void loop()
{
buttonState= digitalRead(buttonPin);
if(buttonState== LOW) // button ditekan
{
digitalWrite(ledR, HIGH);
}
else if(buttonState == HIGH) //button dilepas
{
digitalWrite(ledR, LOW);
}
}

Penjelasan Kode

Karena kita akan mengontrol LED berdasarkan push button. Oleh karena itu, push button ini sebagai input maka pada kode tertulis INPUT untuk button pin artinya dia menerima sinyal. Karena fungsi input ini butuh suatu wadah yang kita nama kan variable maka kita buat dahulu variable/ wadah ini pada contoh kita namai buttonState.

Fungsi digitalRead adalah membaca sinyal yang kita inputkan ke suatu komponen elektronik lalu disimpan disuatu variable tertentu. Kasus ini kita definisikan sebagai buttonState=digitalRead(buttonPin) jadi nilai buttonState ini berdasarkan sinyal masukan dari buttonPin atau push button itu sendiri.

Ketika push button ditekan nilai dari buttonState akan menjadi LOW dan sebaliknya kalau push button tidak ditekan maka akan bernilai HIGH. nah kalian tinggal main kan kode pada saat push button ditekan atau tidak untuk mengontrol nyalanya LED.

Hasil